Petunjuk Teknis

Tentang KTOF dan KOFI

KOFI atau Komunitas Terbuka Olimpiade Fisika Indonesia adalah organisasi non-profit yang bertujuan untuk mengedukasi murid Indonesia dalam materi Fisika dengan cara menggelar olimpiade, KTOF (Komunitas Terbuka Olimpiade Fisika). Soal – soal KTOF dirancang oleh profesional yang merupakan medalis atau peserta olimpiade fisika nasional ataupun internasional.

KTOF atau Kontes Terbuka Olimpiade Fisika adalah Olimpiade Fisika Online dan Gratis yang kami tujukan kepada seluruh pegiat dunia olimpiade fisika Indonesia baik dari siswa, guru pembimbing, maupun mahasiswa. Pendaftaran Olimpiade ini dibuka pada tanggal 1 sampai dengan tanggal 10 setiap bulannya. Sementara, pelaksanannya dilakukan pada minggu ketiga setiap bulan pada hari Jumat – Minggu.

KTOF diprakarsai pada tahun 2018 bersama beberapa alumni Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA bidang Fisika. Pada bulan Oktober 2018, KTOF pertama diadakan.

Panduan Umum Kompetisi Terbuka Olimpiade Fisika (KTOF)

KTOF menggunakan sistem online dimana peserta akan mendaftar terlebih dahulu melalui form pendaftaran di https://ktof.science.blog/pendaftaran-ktof. Form tersebut hanya dapat dibuka pada tanggal 1 – 10 pada setiap bulannya dan akan secara otomatis tertutup di luar tanggal tersebut. Kemudian, setiap bulannya akan ada grup WA/Line/Telegram peserta dimana peserta bisa berdiskusi dan mendapatkan informasi terkait KTOF. Pelaksanaan akan dilakukan pada minggu ketiga setiap bulannya dan tanggal menyesuaikan dimana akan diadakan selama 3 hari dengan total waktu pengerjaan kurang lebih 72 jam pada hari jumat sampai dengan minggu di minggu ketiga tadi. Setiap peserta akan mendapatkan soal dan juga solusinya akan dipostkan di web ini. Hasil dan pengumumannya akan diumumkan melalui media sosial KTOF pada tanggal terakhir setiap bulannya. Semua peserta yang mengerjakan soal dengan minimal nilai 0 (Beda dengan himpunan kosong) akan mendapatkan sertifikat.

Kriteria Peserta KTOF

KTOF ditujukan secara umum untuk semua kalangan, pada dasarnya. Namun dikhusukan kepada siswa-siswi SMP/MTs , SMA/MA, Mahasiswa, Guru, Dosen, dan siapapun yang berada di lingkungan akademis secara langsung maupun tidak langsung. Kuota peserta KTOF untuk sekarang belum ada batasnya sehingga siapapun boleh saja mendaftar. Namun, karena KTOF akan menggunakan soal-soal yang berada di level Olimpiade, maka peserta paling tidak perlu memiliki pengetahuna dan skill problem solving yang adequate. Di luar dari itu, KTOF selain sebagai ajang kompetisi, juga sebagai ajang pembelajaran. Maka, kami tidak hanya membuat soal saja tapi juga lengkap dengan solusinya.

Teknis Pendaftaran KTOF

Peserta yang ingin mendaftar bisa langsung mengunjungi laman pendaftaran di Link Ini dan mengisi form yang tersedia. Form ini hanya dibuka dari tanggal 1 sampai dengan 10 setiap bulannya, artinya periode pendaftarannya hanya dibuka selama 10 hari. Di luar periode tersebut, form pendaftaran akan tertutup secara otomatis. Juga ketika masuk periode pendaftaran, akan terbuka kembali secara otomatis juga. Form akan muncul pada pukul 00.00 tanggal 1 setiap bulannya dan tertutup pukul 23.59 tanggal 10 setiap bulannya juga.

Peserta tidak perlu melakukan atau mengumpulkan berkas apapun sebagai syarat pendaftaran dan juga tidak perlu membayar biaya apapun karena KTOF sepenuhnya gratis. Ketika peserta mendaftarkan dirinya pada form pendaftaran resmi di web KTOF, maka ketika sudah submit data diri yang diperlukan peserta sudah resmi terdaftar sebagai peserta KTOF pada bulan tersebut.

Pasca submit pendaftaran, kami menyediakan juga grup peserta KTOF di WA dengan Nama Grup “Peserta KTOF (Bulan) (Tahun): dimana (bulan) akan menyesuaikan dengan bulan dimana KTOF diadakan pada waktu itu. Link grup ini bisa diakses melalui link berikut Ini.

Teknis Pelaksanaan

Soal akan dibagikan melalui website KTOF pada hari jumat di minggu ketiga setiap bulannya pukul 00.00 WIB. Ketika soal sudah dibagikan, peserta dipersilahkan mengerjakan masing-masing di rumahnya . Waktu peserta mengerjakan adalah 72 jam, dari ketika soal dibagikan sampai hari minggu di minggu ketiga dan berakhir pada pukul 23.59 WIB. Ini disebut sebagai periode pengerjaan .

Jawaban boleh ditulis tangan ataupun diketik. Silahkan dipilih yang mana dirasa lebih nyaman saja. Jika ditulis tangan, silakan dikerjakan di kertas ataupun secara digital menggunakan pen tablet. Gunakan tinta berwarna hitam atau biru atau warna gelap lainnya untuk menuliskan persamaan dan penjelasan. Untuk diagram atau gambar sistem yang diperlukan pada jawaban boleh saja warna-warni asalkan cukup jelas. Apakah harus kertas HVS? Tidak, boleh di mana saja, dengan syarat bahwa nanti ketika discan terlihat cukup jelas.

Jawaban setiap soalnya harus dipisahkan karena setiap soal dikoreksi oleh juri yang berbeda. Misalkan jawaban nomor satu memakan 3 lembar kertas, maka foto semuanya dan jadikan satu file PDF. Kalau bisa discan dengan aplikasi seperti CamScanner atau AdobeScan sehingga jawaban terlihat lebih jelas. Format nama untuk filenya adalah namapeserta_KTOF(bulan)(tahun)_nomor(nomorsoal). Contoh :

Ahmad Basyir Najwan_KTOF Agustus 2020_Nomor 3.pdf

Setelah semua jawaban telah siap, pergilah ke halaman pengumpulan di https://bit.ly/FormSubmitJawabanKTOF. Laman ini hanya dibuka pada periode pengerjaan.

Format File yang diizinkan hanyalah PDF.

Hasil dan Pengumuman

Proses koreksi jawaban akan dilakukan pasca hari-H pelaksanaan sampai 1 hari menjelang akhir bulan. kemudian hasil yang berisi nilai tiap peserta akan diinformasikan lewat grup WA dan email kepada setiap peserta. Untuk para peserta yang berhasil menjadi 30 besar, akan kami post di media sosial KTOF.

Sertifikat akan dikirimkan kepada setiap peserta yang mengerjakan dan minimal mengumpulkan 1 soal melewati email yang digunakan untuk mendaftar.

Bank Soal KTOF

KTOF sudah diadakan sejak bulan oktober 2018 sehingga sampai sekarang ada belasan paket soal yang bisa dipelajari. Soal-soal ini juga sudah dilengkapi dengan solusi yang disusun langsung oleh para alumni OSN Fisika SMA dan ON-MIPA Fisika, sehingga soal-soal yang ada terjamin kualitasnya. Soal-soal ini bisa diakses siapapun melalui web KTOF di Soal – Soal KTOF.

Media Sosial dan Contact Person KTOF

Whatsapp : +6285771392065

Instagram : @ktofisika

Email : ktof.kofi@gmail.com

Website :https://ktof.science.blog

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: